Memperhatikan Jadwal Sang Buah Hati untuk Atasi Kecemasan di Awal Kehidupan

Image result for Memperhatikan Jadwal Sang Buah Hat bayi

Mungkin Anda masih kurang terbiasa atau belum paham betul bagaimana jadwal keseharian bayi baru lahir. Seringkali Anda merasa cemas karena jadwalnya yang penuh dengan waktu istirahat atau tidur. Artikel berikut akan membahas beberapa jadwal yang umum dilakukan buah hati di awal kehidupannya.

Jadwalnya Hanya Makan dan Tidur

Mendapatkan ASI saat bayi baru lahir adalah hal terpenting dalam hidupnya. Sebagian bayi yang baru lahir juga akan minta disusui setiap dua hingga tiga jam sekali, sepanjang hari. Setelah cukup dengan asupan ASI, tidur adalah urutan berikutnya. Bahkan biasanya si Kecil membutuhkan 16 sampai 17 jam sehari untuk tidur. Jangan menjadikan waktu tidurnya yang lama sebagai faktor penyebab timbul alergi untuk si kecil. Kulit sensitifnya harus selalu terlindungi dengan menggunakan antibacterial diaper cream seperti yang terdapat di link berikut https://www.sleekbaby.co.id/products/detail/natural-antibacterial-diaper-cream.

Untuk memudahkan menetapkan jadwal rutinitas menyusui dan mengetahui apakah bayi Ibu mendapatkan cukup ASI, buatlah catatan berupa tabel yang menuliskan kapan Ibu memberikan ASI setiap hari dalam seminggu. Berikan tanda pada tabel bila Ibu sudah memberikan ASI. Ibu juga bisa menambahkan catatan kapan dia buang air kecil dan buang air besar untuk memahami kebiasaan dan kebutuhan bayi Ibu.

Jangan terlalu kaku pada jadwal yang telah dibuat, tetap santai dan lakukan yang paling nyaman untuk Ibu dan bayi. Ini agar Ibu tidak semakin tertekan dengan segala kesibukan yang sudah harus Ibu lakukan dalam merawat bayi dengan menggunakan sleek baby.

Hari 5-28

Saat ini Ibu sudah mulai merasakan menyusui lebih mudah dari hari-hari pertama, karena rutinitas antara Ibu dan bayi mulai terbentuk. Sebagai panduan, Ibu bisa menyusuinya 6-8 kali dalam sehari selama 10 sampai 30 menit di setiap payudara.

Cara Bayi Berkomunikasi

Satu-satunya cara bayi berkomunikasi di minggu-minggu awal adalah lewat tangisan. Walaupun awalnya akan sedikit membuat Anda kebingungan, namun lambat laun kamu akan mengetahui kenapa bayi menangis dan bagaimana cara mengartikan setiap tangisan si Kecil.